TENTANG AKU

My photo
Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia

Thursday 21 February 2019

SIHI, I AM PROUD OF YOU

Bagi sebagian orang mungkin belum mengenal apa itu Sihi? (baca; Lp3-Sihi).
Hal ini bisa jadi karena promosi yang masih minim dilakukan oleh pihak manajemen. Padahal eksistensi Sihi ini sudah ada sejak tahun 2004.

Apa itu Sihi?
Subang International Hotel Institute atau Sihi adalah suatu lembaga pendidikan dan pelatihan profesional di bidang perhotelan dan kapal pesiar internasional. Lembaga diklat ini berkampus di pusat kota Subang, tepatnya di jalan D.I Panjaitan nomor 73 kelurahan Karanganyar, kecamatan/kabupaten Subang, propinsi Jawa Barat. Bisa juga diakses lewat situs LP3-SIHI SUBANG

Program diklatnya dilakukan selama 1 tahun (setara Diploma 1) dengan masa kuliah 6 bulan di kampus dan 6 bulan praktek di perhotelan berbintang 4 dan 5 baik di dalam atau pun di luar negeri. Materi pelajaran 30% teori dan 70% praktek, sehingga siswa memang benar-benar ditempa untuk menjadi tenaga terampil yang  handal di bidangnya.

Aku, kebetulan pernah hampir 4 tahun menjadi salah satu instruktur Sihi untuk mengajar Housekeeping dan Front Office. Practical skill memang lebih dominan diajarkan di Sihi.

Salah satu keunggulan Sihi adalah para siswa benar-benar 'dicetak' untuk menjadi 'duplikat' dari para instrukturnya yang mayoritas berlatar belakang atau berpengalaman langsung di bidangnya.

Lebih dari 10 tahun sejak berdiri, lembaga ini telah survive dari berbagai macam kendala di lapangan. Rendahnya pemahaman masyarakat tentang profesi di bidang hotelier dan kapal pesiar adalah tantangan berat yang lembaga ini hadapi. Maka tidak heran kalau kita melihat banyak lembaga sejenis yang hanya bertahan beberapa tahun saja dan gulung tikar. Merubah mindset masyarakat tidaklah mudah. Tapi Sihi tetap konsisten dan eksis sampai saat ini dengan perkembangan yang signifikan.

Lulusan Sihi kini telah tersebar di berbagai perusahaan besar dan elite di dalam dan di luar negeri. Banyak diantaranya yang menduduki level manajer.

Ke depannya Sihi akan  memperluas dan meningkatkan kerja sama baik dengan hiring partner atau pun manning agent agar lulusannya lebih terjamin untuk bekerja sesuai dengan kompetensinya.

Sukses untuk Sihi dan seluruh alumninya, I am proud of you.

No comments:

Post a Comment