TENTANG AKU

My photo
Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia

Sunday 16 December 2018

SUATU HARI DI BARCELONA

Spanyol, memiliki banyak destinasi wisata yang memikat hati bagi para pengunjungnya. Dengan modal utama menjual keindahan alam, laut dan budayanya, membuat negera ini setiap tahun selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Tenerife, Lanzarote, Fuerteventura, Las Palmas, La Palma, Barcelona, Palma de Majorca dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya.


Dari beberapa destinasi wisata andalan di Spanyol yang pernah aku kunjungi, Barcelona adalah favoriteku. Hampir setiap ada kesempatan singgah di Spanyol, aku selalu berusaha untuk bisa shore leave di Barcelona. Ada banyak moment indah yang sulit untuk dilupakan tentang tempat ini. Pantas saja di era 90-an Fariz RM pernah menuangkan keindahan dan kenangan tentang kota ini dalam lirik sebuah lagu, Barcelona.


Lirik lagu Barcelona:
Gemerlap pesta kota
Seolah getar Flamenco mengalun jiwa
Kududuk terhanyut nuansa
Di sudut semarak Plaza Catalonia

Kala sepasang mata
Menatapku manja
Mengajak berdansa
Sapanya "Quiere usted bailar conmigo"

"Quiere darme su direccion senorita"
Kuingin kau ajak serta malam ini
"Como se pronucia oh Juwita"
Ingin kunyatakan cinta sepenuh hati

Mungkin esok kukan pergi
Tapi kuberjanji
Pasti diriku kembali
Untuk cinta yang tertinggal
Di jantung Barcelona

Peluklah diriku mesra... dalam cinta
Sebagai pengikat rindu
Akan kukenang slalu
Cintaku di Barcelona

"Lo siento mucho senorita"
Kuharus meninggalkanmu sejenak waktu
Hapuslah airmatamu kini
Dua hati tlah terpadu satu janji

Usaikan cerita
Malam yang tersisa
Ku tak kuasa lagi
Tuk menunda waktu
Hidupku bersamamu

Kecuplah diriku kasih... malam ini
Angan yang tergoda resah
Srasa smakin gelisah
Melupakan fajar tiba

"Hasta la vista mi Amor" penuh cinta
Di hari ku kan kembali
Kan kuingatkan janji
Cintamu di Barcelona

Cintaku di Barcelona...
Barcelona...

Mendengarkan lagu 'Barcelona' miliknya Fariz RM yang pernah ngetop di era 90-an, membawa anganku hanyut ke masa 12 tahun silam. Lirik lagu tersebut memutar kembali ingatanku saat kumpul bareng dengan teman-teman sesama kru M/S Seawing di sebuah restoran China, El Chino Autentico.

Ya, restoran China ini terletak di La Rambla salah satu pusat keramaian di Barcelona yang tak pernah sepi pengunjung. Dan restoran China selalu aku jadikan pelampiasan. Maklumlah hati ini gak pernah bisa dibohongi dengan rasa dan selera masakan Asia. Walaupun kita order nasi goreng, spring rolls dan teh manis saja.

Setelah makan siang, kami yang saat itu berempat melanjutkan jalan-jalan sambil melihat beberapa atraksi khas La Rambla. Diantara padatnya wisatawan di sepanjang jalan, tampak mereka yang relax duduk-duduk di kafe halaman, ada pertunjukan seni, sebagian ada juga yang berbelanja souvenir cantik atau mampir ke toko-toko bunga. Sementara aku dan teman-teman lebih memilih masuk ke Hard Rock Cafe Barcelona untuk membeli merchandise unik yang biasanya tersedia seperti topi, pin, mug, jaket, T-Shirt ataupun guitar.

Selesai berbelanja souvenir, kami menyeberang jalan untuk sekedar duduk-duduk di bangku taman yang disediakan di Placa de Catalunya (Plaza Catalonia). Ya, tempat Farid RM pernah menuangkan inspirasinya lewat lirik lagu Barcelona. Plaza Catalonia ini terletak di jantung kota Barcelona dan hanya beberapa meter dari gedung Hard Rock Cafe Barcelona.

Atmospir sore itu menambah kesejukan suasana. Kami bisa mengambil napas segar walau sejenak. Sambil bercengkerama melepas kepenatan setelah setiap hari disuguhkan kesibukan untuk bekerja dan bekerja. Melayani tamu lengkap dengan segala keluhannya. Tentu saja itu semua makanan sehari-hari yang harus kami hadapi sebagai pelayan di bidang jasa hospitality.

Dan di Barcelona, kami pernah berlabuh menaruh peluh, menukar rasa. Barcelona memang begitu indah dan istimewa. Pernah ada canda-tawaku di sana sebagai pelipur lara walau  sepintas saja. Semoga suatu saat nanti aku bisa menemuimu kembali, Barcelona.



No comments:

Post a Comment